Rabu, 28 April 2010

BULU TANGKIS - DELAPAN NEGARA RAMAIKAN PIALA WALI KOTA SURABAYA

BULU TANGKIS - DELAPAN NEGARA RAMAIKAN PIALA WALI KOTA SURABAYA
Written by Rollit Wednesday, 28 April 2010 19:18 PDF Print E-mail

Pebulu tangkis dari delapan negara dipastikan ikut meramaikan kejuaraan tahunan Indocock Piala Wali Kota Surabaya 2010 yang berlangsung di GOR Sudirman Surabaya pada 4-8 Mei mendatang.
Surabaya, 28/4 (Antara/FINROLL Automotive) - Pebulu tangkis dari delapan negara dipastikan ikut meramaikan kejuaraan tahunan Indocock Piala Wali Kota Surabaya 2010 yang berlangsung di GOR Sudirman Surabaya pada 4-8 Mei mendatang.

Sekretaris Panpel Piala Wali Kota, Wayan Parna Setyawan, yang ditemui di Surabaya, Rabu, menjelaskan kedelapan negara itu adalah Singapura, Malaysia, Thailand, India, Afrika Selatan, Jepang, Amerika Serikat, dan tuan rumah Indonesia.

"Malaysia merupakan peserta asing yang mengirim atlet paling banyak, yakni 62 orang, sementara Singapura mendaftarkan 10 atlet, Jepang sembilan atlet, dan negara lainnya masing-masing dua atlet, kecuali Afrika Selatan yang hanya mengikutkan seorang atlet," katanya.

Jumlah peserta asing yang ambil bagian dalam turnamen berhadiah total Rp130 juta ini tidak jauh berbeda dengan penyelenggaraan tahun 2009.

Wayan Parna menambahkan jumlah peserta secara keseluruhan mencapai 1.237 atlet yang akan berlaga di kelompok anak-anak, pemula, remaja, taruna, dewasa, dan veteran.

Dalam kejuaraan ini, tim Pelatnas Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) juga ikut ambil bagian dengan menurunkan sebanyak 14 pebulu tangkis dari kelompok pratama, terdiri atas delapan atlet putra dan enam atlet putri.

Mereka di antaranya Pandu Dewantoro dan Febrian Irvanaldy yang akan turun di nomor tunggal putra, kemudian Renna Suwarno dan Hera Desi Ana di nomor tunggal putri.

"Kehadiran pemain Pelatnas akan menambah sengit persaingan memperebutkan gelar juara yang tahun lalu didominasi klub Djarum Kudus," kata Wayan Parna.

Menurut ia, Djarum Kudus yang berstatus juara bertahan dipastikan menurunkan pebulu tangkis terbaik untuk mempertahankan gelarnya.

Sementara itu, pelatih tim bulu tangkis Jatim, Ferry Stewart, yang dikonfirmasi terpisah, menyatakan optimistis pebulu tangkis Jatim mampu memperbaiki prestasi pada kejuaraan tahun ini.

Pada 2009, klub-klub Jatim kalah bersaing dengan daerah lain dan secara keseluruhan hanya merebut tiga gelar juara, masing-masing dipersembahkan klub Suryanaga, Citra Raya Unesa, dan Gemilang yang semuanya dari Surabaya.

"Hampir semua klub papan atas di Jatim sudah menyiapkan atlet terbaiknya untuk berlaga di kejuaraan ini. Peluang juara ada di nomor pemula, remaja, dan taruna. Kalau dewasa sedikit berat," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar